Langsung ke konten utama

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Perawatan Kulit Wajah. Agar berfungsi dengan baik dan tetap menarik maka rawatlah kulit Anda dari dalam maupun luar. Terutama untuk kulit wajah perlu perawatan ekstra karena paling sensitif dibanding kulit di bagian lainnya.

Untuk perawatan dari dalam ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Diet seimbang karena semua zat gizi dari mineral, vitamin E hingga zinc sangat diperlukan oleh kulit.

Air adalah medium untuk mengangkut dan membuang zat-zat sisa metabolisme. Karena itu dianjurkan minum air putih setidaknya 8 gelas perhari. Konsumsi makanan segar yang banyak mengandung air seperti buah-buahan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus melancarkan proses pembuangan air besar dan kecil. Pola buang air yang teratur sangat menunjang kesehatan kulit.

Semua zat gizi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan juga diperlukan untuk menjaga keutuhan bentuk kulit. Zat-zat gizi tersebut adalah Vitamin A yang kadang disebut sebagai “vitamin kulit” terdapat dalam produk unggas, ikan dan minyak ikan, wortel, sayuran berdaun hijau tua, melon, mangga, dan pepaya. Vitamin B-kompleks membantu sirkulasi darah di kulit, membuat kulit lebih lentur juga membantu dan memperbaiki sel-sel tubuh. Vitamin C berfungsi untuk membuat sekaligus mempertahankan kolagen. Kandungan ini memberi kekuatan dan kelenturan pada semua struktur yang ditunjangnya.

Jadi vitamin C diperlukan untuk menjaga kekencangan kulit. Semua jenis sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin C apalagi jika dimakan mentah (segar). Vitamin E memperbaiki sirkulasi dan mencegah oksidasi lemak yang berbahaya dengan meningkatkan jumlah oksigen ke jaringan dan sel-sel tubuh. Juga berperan dalam transportasi, penyerapan dan penyimpanan vitamin A di dalam tubuh. Vitamin E terdapat dalam minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak bunga matahari juga pada kacang-kacangan dan sayuran hijau. Beberapa jenis mineral juga berperan dalam memelihara kesehatan kulit.

Jangan lupakan olahraga. Aktivitas fisik seperti lari, jalan kaki dan renang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Olahraga merangsang sirkulasi, memperbaiki nutrisi sel, membantu mengurangi stres dan membuat tubuh segar.

Ada beberapa manfaat dan tips untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit wajah dengan menggunakan jeruk nipis :

Mencegah jerawat :
  1. Ambil jeruk nipis dan peras airnya sebanyak 1 sendok teh
  2. Campur air jeruk nipis tadi dengan 1 sendok teh madu dan 1 putih telur
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan menggunakan air dingin
Mengecilkan pori-pori, menghaluskan, dan mengurangi minyak pada kulit wajah:
  1. Potong Jeruk nipis menjadi 2 atau beberapa bagian
  2. Lalu gosokkan pada wajah perlahan-lahan, terutama pada bagian hidung dan pipi yang pori-porinya besar
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan menggunakan air dingin
Mencegah keriput :
  1. Iris jeruk nipis, lalu peras untuk diambil airnya
  2. Tambahkan satu sendok makan minyak kayu putih
  3. Tambahkan seperempat sendok kapur sirih
  4. Aduk sampai rata. Pakai ramuan ini sebagai bedak setiap malam

Baca juga:
Kanker kulit bukan hanya karena matahari 
Bintik usia bisa penuaan atau kanker kulit
Tomat menjadikan kulit bercahaya
9 Manfaat tomat bagi kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Jenis Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi. Dengan makanan yang tepat akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol kita. Saat ini kolesterol jahat atau LDL menjadi masalah utama bagi setiap orang di masa tua nanti. Namun penderita kolesterol tidak hanya orang tua di atas 40 tahun saja, pada usia remajapun seseorang dapat terkena pernyakit ini.

Sebenarnya masalah kolesterol sendiri timbul karena pola hidup yang tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti makanan siap saji dan makanan instan yang dapat memicu timbulnya berbagai macam pernyakit degeneratif. Apalagi jika semua itu tidak dibarengi dengan olahraga, maka kemungkinan timbul pernyakit akan semakin besar.

Akan tetapi semua hal tersebut bisa kita cegah sejak dini yaitu dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang efektif membantu untuk mencegah atau menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Lalu apa saja makanan yang aman dan baik untuk dikonsumsi?

Berikut ini adalah beberapa makanan yang…

Penderita kanker prostat wajib konsumsi lemak nabati

Priayang mengidap kanker prostat secara signifikan dapat meningkatkan peluang kelangsungan hidup mereka. Caranya dengan menambahkan lemak nabati yang sehat ke dalam diet yang mereka jalani.

Dengan mengganti lemak hewani ke lemak nabati yang sehat, seperti minyak zaitun, kanola, kacang-kacangan, biji-bijian dan alpukat, pria yang memiliki kanker prostat diyakini dapat mengurangi  insulin dan peradangan.

"Konsumsi minyak sehat dan kacang, mampu meningkatkan antioksidan plasma dan mengurangi insulin dan peradangan, yang dapat mencegah perkembangan kanker prostat," kata pemimpin penulis dari University of California, San Francisco , Erin Richman, seperti dilansir laman Lifestyle.Iafrica.

Studi ini mengkaji asupan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda serta lemak dari hewani dan nabati.

Data berasal dari Health Professionals Follow-up  yang dimulai pada tahun 1986. Penelitian asupan lemak melibatkan 4,577 pria yang telah didiagnosis dengan kanker prostat non-met…

Makanan sumber kolesterol

Kolesterol tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Namun, kolesterol tinggi tidak terbentuk dalam semalam, tetapi perlahan-lahan. Salah satunya akibat pola makan yang salah.

Meskipun Anda tidak memiliki tanda-tanda, gejala, ataupun riwayat keluarga dengan penyakit jantung, tetapi wajib hukumnya untuk menjaga diet sehat agar tetap memiliki kesehatan yang prima.

Mungkin Anda sudah menghindari makanan-makanan berlemak yang diketahui sebagai sumber kolesterol. Namun, ada juga makanan yang tak terduga mengandung kolesterol tinggi seperti berikut:

1. Daging unggas
Daging unggas memang dianggap lebih minim risiko dibanding daging merah karena memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih rendah. Namun, jika dimakan dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, daging unggas juga akan memberikan efek negatif, salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

2. Gula tambahan
Satu fakta yang cukup mengejutkan adalah gula tambahan ternyata berhubungan…

Minum susu berlebihan bisa picu penyakit ginjal

Terlalu banyak mengonsumsi susu melebihi jumlah kebutuhan yang dianjurkan akan membahayakan kesehatan yang salah satunya adalah memicu penyakit ginjal, sebagaimana dinyatakan oleh dokter spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc.

"Susu adalah sumber kalsium yang memang diperlukan oleh tubuh, tapi terlalu banyak konsumsi kalsium dapat membebani kerja ginjal," ujar Saptawati saat dijumpai Antara usai upacara Promosi Doktor di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Selasa siang.

Terlalu banyak asupan kalsium memang akan memicu masalah pada ginjal seperti timbulnya batu ginjal.

Kalsium yang tidak terserap tubuh, akan terbuang melalui saluran kencing untuk mempertahankan keseimbangannya di dalam tubuh.

Namun sebelumnya kalsium akan mengendap pada saringan ginjal, inilah yang menyebabkan pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalat atau kalsium phosphate.

"Jadi memang sebaiknya kon…

Faktor penyebab kanker sama

Kankerkian akrab di telinga masyarakat. Penyakit ini pun banyak dijumpai di kalangan masyarakat. Tapi, apa sebenarnya penyebab penyakit berbahaya ini?

“Pada umumnya, penyebab kanker itu sama. Ada faktor genetik dan faktor lingkungan,” tutur Dr Handrawan Nadesul.

“Kanker adalah tumor ganas. Tumor itu ada yang ganas dan ada yang tidak. Kalau dikatakan ganas, itu berarti kanker. Sedangkan yang disebut tumor adalah benjolan,” jelas health motivator ini.

Seseorang bisa terserang kanker karena memiliki gen yang berbakat kanker atau faktor genetik. Kedua, didorong oleh faktor lingkungan, yang meliputi gaya hidup, makanan, polusi, termasuk gelombang elektromagnetik.

“Ada saja orang yang tidak terserang kanker walaupun gaya hidupnya tidak sehat. Mungkin saja memang dia tidak memiliki bakat kanker. Tapi, risiko terserang ada,” jelasnya.

Mengenai adanya berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, atau kanker kelenjar getah bening disebabkan letak sel kanker yang ber…